Kamis, 15 September 2022

ARTIKEL AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF

 

PENERAPAN BUDAYA POSITIF DI SMP NEGERI 1 TURI LAMONGAN

OLEH : RATNANINGSIH, M.Pd.

CGP ANGKATAN 5

KABUPATEN LAMONGAN

 

A.       LATAR BELAKANG

Budaya positif pada hekekatnya adalah perwujudan nilai-nilai kebajikan universal yang diterapkan di sekolah. Budaya positif terbentuk dari karakter-karakter baik, karakter baik tumbuh dari kebiasaan-kebiasaan baik, dan kebiasaan baik bermula dari lingkungan yang positif, yaitu lingkungan yang terdiri dari warga sekolah yang saling mendukung, saling belajar, dan saling bekerja sama. Guru merupakan sosok yang paling bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan positif tersebut.

Menurut convergentie theory, seorang anak yang lahir seumpama selembar kertas putih yang sudah ditulisi penuh, tetapi tulisan yang masih samar. Tugas pendidikanlah untuk menebalkan tulisan samar yang baik, agar dapat nampak sebagai budi pekerti yang baik. Sementara tulisan samar yang jelek dibiarkan saja agar semakin samar, jangan sampai menjadi tebal. Hal ini sejalan dengan pemikiran Ki Hadjar Dewantara, bahwa tujuan Pendidikan adalah menuntun segala kodrat anak, agar anak dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Dan itu bisa tercapai jika di sekolah diterapkan budaya positif.

Budaya positif di sekolah ditandai dengan adanya disiplin positif yaitu disiplin yang bertujuan untuk menanamkan motivasi internal pada murid. Adanya perubahan paradigma tentang solusi terhadap murid yang melakukan kesalahan/ melanggar kedisiplinan, bukan dengan hukuman atau konsekuensi melainkan dengan restitusi terdiri dari tiga langkah yang disebut segitiga restitusi. Menghindari pemberian penghargaan yang bisa berdampak negatif kepada murid. Penerapan posisi kontrol guru terhadap murid yang tepat, yaitu sebagai manajer. Dan penerapan nilai-nilai kebajikan universal dalam bentuk keyakinan sekolah/ kelas yang diwujudkan dalam kesepakatan kelas.

Budaya positif dapat terwujud apabila didukung oleh seluruh warga sekolah, mulai kepala sekolah, guru, murid, maupun orang tua/ wali murid. Untuk itulah, saya sebagai calon guru penggerak merasa perlu berbagi kepada semua warga sekolah, agar nantinya dapat berjuang mewujudkan budaya positif di sekolah bersama-sama. Segala sesuatu jika dilakukan Bersama, seberat apapun itu akan terasa lebih ringan dan mudah.

B.          TUJUAN

Menerapkan  Budaya Positif di SMP Negeri I Turi melalui disiplin positif, merubah paradigma posisi kontrol guru, pananganan ketidakdisiplinan dengan restitusi dan penerapan nilai-nilai kebajikan universal melalui keyakinan  kelas. 

C.          TOLOK UKUR KEBERHASILAN

Terlaksananya/ terwujudnya Budaya Positif di SMP Negeri I Turi Lamongan. melalui:

·         Penerapan Disiplin positif

·         Perubaan paradigma posisi kontrol guru

·         Penanganan ketidakdisiplinan dengan restitusi

·         Penerapan nilai-nilai kebajikan melalui keyakinan kelas

D.          DUKUNGAN YANG DIBUTUHKAN

1.         Dukungan dari Kepala Sekolah dalam melaksanakan Budaya Positif.

2.  Dukungan dari guru (teman sejawat) dan pegawai/ karyawan, untuk bersama-sama melaksanakan budaya positif  di SMP Negeri I Turi.

3.         Dukungan dari semua murid

E.          LINIMASA KEGIATAN

1.         Berkoordinasi dengan Kepala Sekolah tentang pelaksanaan budaya positif, rencana aksi nyata dan sosialisasi budaya positif (Berbagi Praktik Baik Budaya Positif)

2.         Berkoordinasi dengan wakil kepala sekolah, kaur tentang pelaksanaan sosilisasi

3.         Persiapan:

a.       Menyusun PPT untuk presentasi

b.      Pengiriman undangan

c.       Persiapan sarana prasarana: tempat, banner, sound system, dll

4.         Pelaksaksanaan sosiaalisasi/ berbagi praktik baik (pelaksanaan Aksi Nyata)

F.          REFLEKSI

Saya memang satu-satunya calon guru penggerak Angkatan 5 dari SMP Negeri I Turi Lamongan, tetapi saya tidak bekerja sendirian dalam persiapan dan pelaksanaan kegiatan Berbagi Praktik Baik Budaya Positif ini. Saya mendapat bantuan dari teman-teman  guru dan karyawan. Dalam pelaksanaan berbagi ini banyak teman yang antusias untuk bertanya. Dan kami semua menyadari ternyata selama ini kami banyak melakukan kesalahan dalam hal budaya positif. Seperti pemberian hukuman, konsekuensi, maupun penghargaan, maupun posisi control guru terhadap murid.

Setelah pelaksanaan berbagi praktik baik, banyak teman guru yang akhirnya berusaha untuk menerapkan budaya positif. Seperti membuat keyakinan kelas/ kesepakatan kelas, Menerapkan restitusi jika ada murid yang melakukan kesalahan/ pelanggaran, menerapkan posisi kontrol yang tepat terhadap murid, dll. Tentunya hal-hal baru yang kami lakukan ini merupakan upaya untuk melengkapi hal-hal baik yang telah dilakukan sebelumnya. Sehingga karakter baik akan semakin terbentuk sebagai penunjang utama terciptanya budaya positif.

G.       LAMPIRAN:

Bersama-sama menyusun keyakinan kelas
Menerapkan Restitusi setelah mempelajari modul 1.4
Persiapan Berbagi Praktik Baik Budaya Positif oleh CGP kepada Bapak/Ibu Guru SMP Negeri I Turi

Link Video Pelaksanaan Berbagi Praktik Baik:

https://drive.google.com/file/d/1glnYmnkXSMdHAquUOpnjAXWtl53h3WJa/view?usp=sharing

https://www.kompasiana.com/ratnaningsih2252/6324111506b56a74ea35d772/artikel-aksi-nyata-modul-1-4-budaya-positif



Semoga Bermanfaat
Salam dan Bahagia






Tidak ada komentar:

Posting Komentar