Hai, jumpa lagi dengan materi pembelajaran IPS kelas 9. Kali ini kita akan bahas tentang Mengembangkan Ekonomi Kreatif Berdasarkan Potensi Wilayah untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.
Apakah kalian pernah mendengar istilah kreativitas, dan ekonomi kreatif? Apa hubungan keduanya?
Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik gagasan atau karya nyata yang berbeda dengan yang ada sebelumnya. Di era globalisasi perubahan yang terjadi sangat dinamis dan kompleks sehingga masyarakat dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif.Tuntutan ini membuat masyarakat mencari, mencoba bahkan menemukan cara- cara lain dalam usaha bisnisnya, sehingga muncul istilah ekonomi kreatif. Ekonomi Kreatif yang merupakan sebuah konsep dengan kreativitas dan pengetahun sebagai asset atau dasar utama dalam menggerakkan bisnis juga ekonomi . Jadi, yang dimaksud Ekonomi Kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengidentifikasikan informasi dan kreativitas dengan banyak mengandalkan ide- ide juga pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai factor produksi paling utama. Konsep ini kemudian didukung adanya industri kreatif sebagai wadah nyatanya. Ekonomi Kreatif terbukti banyak membantu pertumbuhan ekonomi karena banyaknya pengusaha kreatif yang berhasil menuangkan ide dan kreativitas mereka serta mendapatkan dukungan pemerintah. Hasil kelonjakkan ekonomi membuat banyak negara mendukung para pelaku sector kreatif dan berharap Ekonomi Kreatif akan menjadi salah satu pilar pemasukkan dan perekenomian negara tersebut.
Peraturan yang mengatur usaha kreatif yaitu INPRES NO. 6/2009.tentang “ Pengembangan Ekonomi Kreatif untuk tahun 2009-2015”. Era ekonomi kreatif merupakan era ekonomi baru yang mengintensifkan pemanfaatan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan pada ide dan stock of knowledge dari SDM sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonominya menghasikan produk atau karya kreatif. Berdasarkan peraturan tersebut, perekonomian mengalami transformasi dari berbasis SDA menjadi SDM. Ada 14 lingkup industri kreatif yaitu:
- Periklanan (advertising)
- Arsitektur
- Pasar barang seni
- Kerajinan (craft)
- Desain
- Fesyen (fashion)
- Video, film dan fotografi
- Permainan interakstif
- Musik
- Seni pertunjukan (showbiz)
- Penerbitan dan percetakan
- Layanan komputer dan piranti lunak (software)
- Televisi dan radio (broadcasting)
- Riset dan pengembangan
Pemerintah berkeinginan menjadikan ekonomi kreatif sebagai tulang punggung ekonomi nasional dengan pertimbangan:
- Ekonomi kreatif menunjukkan potensi signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja dan pertumbuhan ekonomi
- Ada beberapa jenis modal individu untuk bertahan menghadapi kehidupan kompetitif.
UPAYA MENINGKATKAN EKONOMI KREATIF
Untuk mengembangkan ekonomi kreatif, pemerintah memiliki strategi dengan melaksanakan pembangunan secara terintegrasi antara masyarakat, swasta dan pemerintah. Beberapa stretegi tersebut antara lain sebagai berikut :
- Menyiapkan insentif untuk memacu pertumbuhan industry kreatif berbasis budaya.
- Membuat Roadmap Industry kreatif yang melibatkan berbagai lembaga pemerintah dan kalangan swasta
- Membuat program komprehensif untuk menggerakkan industri kreatif melalui pendidikan, pengembangan sumber daya manusia, desain, mutu, dan pengembangan pasar.
- Memberikan perlindungan hukum dan insentif bagi karya industri kreatif
- Membentuk Indonesia Creative Council yang menjadi jembatan untuk menyediakan fasilitas bagi para pelaku industri kreatif.
Upaya pengembangan ekonomi kreatif untuk mewujudkan strategi pemerintah dengan langkah:
- Pengembangan data base dan portal Indonesia kreatif dengan teknologi informasi dengan tujuan memberikan kemudahan, kenyamanan dan kecepatan dalam mengakses informasi
- Peningkatan penggunaan teknologi melalui program kemitraan
- Pekan produk kreatif Indonesia
- Festival ekonomi kreatif
- Wahana kreatif
- Peningkatan jangkauan dan efektifitas pemasaran
- Riset ekonomi kreatif dan fasilitas pemberian insentif yang mendukung inovasi
- Fasilitas kegiatan yang mendorong lahirnya insane kreatif dan entrepreneur kreatif baru
- Penciptaan identitas lokal daerah TK 1 dan 2 serta identitas nasional.
Perhatikan gambar berikut !
Contoh ekonomi kreatif:
Kerajinan tangan
Fashion
Kuliner
Pameran barang seni
Bagaimana? Sekarang kalian sudah faham tentang ekonomi kreatif?
Semangatlah belajat, pupuk krearivitasmu, pengetahuan yang dipadukan dengan kreativitas adalah kombinasi yang tepat untuk mencapai keberhasilan.
Wassalamualaikum...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar