ABSTRAK
Ananda
Fatiha Nabila, Lintang Wahyu Wulandari, Nur Lailatul Fitria. 2018.
Menyukseskan Budaya Literasi dengan
Kuis Membaca Pagi di SMP Negeri I Turi. Karya Ilmiah
Remaja. SMP Negeri I Turi.
Kata Kunci: budaya literasi, kuis
membaca pag, SMP Negeri I Turi
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
telah mengeluarkan Permendikbud No. 23 Tahun 2015 yang didalamnya telah
diluncurkan suatu gerakan literasi sekolah. Gerakan literasi di SMP Negeri I
Turi sudah dilaksanakan mulai tahun pelajaran 2016/2017 sampai saat ini.
Disetiap kelas terdapat sudut baca yang menyediakan buku-buku bacaan untuk
dibaca dan dibuat resume oleh semua siswa. Pada tahun awal pelaksanaan
GLM-Literasi di SMP Negeri I Turi ternyata hasil yang dicapai oleh siswa belum
maksimal. Karena hal tersebut di SMP Negeri I Turi ada strategi atau cara yang diterapkan untuk memaksimalkan
atau menyukseskan gerakan literasi yaitu dengan “Kuis Membaca Pagi”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pelaksanaan Kuis Membaca Pagi ,untuk mengetahui pendapat siswa tentang kuis
membaca pagi dan ntuk mengetahui kuis membaca pagi dapat menyukseskan budaya
literasi di SMP Negeri I Turi.
Penelitian ini menggunakan jenis metode
deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik/ metode dokumentasi, observasi,
wawancara, dan angket. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik
deskriptif kualitatif dan kuantiatif.
Setelah melakukan penelitian dengan seksama,
hasil penelitian yang diperoleh antara lain: Kuis membaca pagi di SMP Negeri I Turi dilaksanakan
setiap hari Jum’at pukul 07.30 sampai 08.00 oleh wali kelas masing-masing. Kuis
membaca pagi mulai dilaksanakan pada semester dua tahun 2017/2018.. Siswa membaca teks/ bacaan dan menjawab pertanyaan
yang ditulis oleh siswa lain. Guru memeriksa
jawaban siswa, memberi tanda bintang jika jawaban siswa tepat dan
memberi catatan jika jawaban siswa kurang tepat. Guru menunjuk siswa maju
membacakan jawabannya. Siswa mengisi kartu pantau. Sebesar 92% siswa selalu
mengikuti kegiatan literasi sekolah, seluruh siswa mengetahui kegiatan kuis
membaca pagi, 95 % siswa selalu mengikuti kuis membaca pagi, 94 % siswa
menyukai kuis membaca pagi, 92 % siswa berpendapat bahwa kuis membaca pagi dapat
meningkatkan kemampuan dalam membaca/
literasi, 98% siswa menyatakan ada perbedaan kemampuan mereka dalam membaca/
literasi dengan pemahaman antara sebelum ada kuis membaca pagi dengan sesudah
ada kuis membaca pagi dan 98 % siswa
menyatakan kuis membaca pagi perlu dilanjutkan pada tahun pelajaran yang akan
datang (2018/2019). Kuis membaca pagi merupakan salah satu cara untuk
menyukseskan budaya literasi di SMP Negeri I Turi. Dengan kuis membaca pagi
siswa menjadi lebih serius membaca dan berusaha memahami dengan sungguh-sungguh
isi bacaannya karena setelah membaca siswa dituntut untuk menjawab pertanyaan
yang sudah disusun oleh siswa yang lain
Saran dalam penelitian ini, mari kita belajar
dengan sungguh-sungguh dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin, kita laksanakan kuis membaca pagi
dengan sebaik mungkin, mari kita sukseskan budaya literasi dengan banyak
membaca buku/ majalah dan memahaminya agar kita menjadi generasi muda yang
kompeten dan termasuk bagian dari generasi emas yang membanggakan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar